Tweeter Lubang Masuk

Lubang masuk walet memegang peranan besar dalam memancing walet dan peningkatan populasi walet.
Kenyataan di lapangan hal ini sering diabaikan bahkan ada yang menggangap tidak begitu penting, sehingga dalam pembuatanya asal hadap saja tanpa memperhatikan tata ruang, hambatan dan arah terbang pulang / lintasan burung walet.

Tidak jarang lubang masuk yang tidak sesuai arah terbang ketika pemanggilan walet dilakukakan koloni walet hanya berputar - putar saja di rumah monyet.
Dalam hal menentukan arah terbang pulang walet ini kita sendiri bisa mengamati terutama pada sore hari takala koloni walet kembali ke sarangnya.

Cara paling gampang menentukan arah hadap lubang masuk adalah dengan mengikuti arah hadap rumah walet yang telah sukses, terutama rumah walet yang dekat dengan lokasi kita.

Posisi tweeter di lubang masuk yang umunya berjumlah sepasang pemasanganya biasa kita terapkan 45* menghadap keatas. Tujuanya selain suara walet yang kita putar tidak menganggu tetangga suara yang kita putar menjadi lebih efektif terdengar oleh burung walet yang sedang melintas

Kita dalam penerapan biasanya kita menggunakan tweeter AUDAX type AX-65 selain suara yang dihasilkan cukup kencang, frekwensi suara yang dihasilkanpun tinggi dengan response antara 4 - 27 Khz. .

Hal yang sama juga kita terapkan untuk tweter Lubang Antar Lantai ( LAL ) / tweeter tarik yang juga bertujuan agar walet yang telah terpancing suara di lubang masuk dapat mengikuti sumber suara sampai ke lantai bawah.

Baca juga artikel lainya :