Pemilihan Lokasi Walet yang Ideal

Keberhasilan dalam budidaya walet salah satu faktor utamanya adalah lokasi yang ideal. Lokasi yang populasi waletnya sedikit bahkan mungkin tidak ada sama sekali tentu tidak tepat untuk didirikan rumah walet.

Akibat pemilihan lokasi yang sembarangan dan tidak tepat banyak gedung yang telah dibangun setelah bertahun-tahun masih kosong melompong.

Habitat Hidup Burung Walet

Setiap mahluk hidup pada dasarnya memilih tempat berkembangbiak yang aman dan nyaman. Begitu pula burung walet, Sehingga walet memilih tempat yang memenuhi syarat dan sesuai dengan habitat aslinya.

Sehingga walet memilih gua-gua alam dan bangunan tertentu sebagai tempat pengembangan populasinya. Semakin aman dan nyaman tempatnya maka semakin bertambah pula jumlah populasinya.

Mengatur Suhu Rumah Walet

Seperti artikel diatas telah kita ketahui bahwa suhu didalam gedung idealnya 27 - 29°C dalam kondisi demikian sangat berpengaruh terhadap perkembangan populasi dan kualitas sarang.

Suhu yang terlalu tinggi 30 - 32° C air liur walet akan cepat mengering apalagi kalau kelembaban juga rendah akibatnya sarang retak dan keropos.

Mengatur Kelembaban Rumah Walet

Seperti yang kita ketahui kelembaban rumah walet terbaik adalah 80 - 90 %. Kelembaban yang terlalu tinggi misalnya 95 - 105 % mengakibatkan sarang menjadi lembek dan sarang berwarna keruh.

Sedangkan kalau kelembaban terlalu rendah berkisar 30 - 50 % akan mengakibatkan sarang mudah retak dan kurang sempurna bentuknya.

Ramuan Pemikat Walet

Ramuan ini menggunakan sarang walet dan rumput laut sebagai bahan baku utama ramuan ini. Sekitar 100 g sarang dicuci bersih sebanyak 3 kali selanjutnya sarang itu direndam air selama semalam.

Selanjutnya siapkan 50 gr rumput laut yang juga direndam hingga lembut. kedua bahan kemudian dihancurkan hingga lumat dengan blender. Campuran itu ditambahkan air bersih sebanyak 5 liter.

Pemasangan Tweeter Yang Tepat

walet, suara walet, suara pemanggil walet, artikel walet, artikel budidaya walet, artikel sarang walet, gedung walet, rumah walet, rumah sarang burung walet,  walet online, rumah budidaya sarang burung walet, rumah budidaya waletTata Suara dalam rumah walet berpengaruh terhadap suksesnya merumahkan walet. Meskipun walet termasuk hewan liar tetapi burung walet dapat dipanggil dengan suara hasil rekaman ke rumah walet yang masih kosong sekalipun.

Tingkat keberhasilan pemanggilan walet ditentukan oleh jenis suara yang di gunakan dan kualitas suara rekaman.

Tweeter Lubang Masuk

Lubang masuk walet memegang peranan besar dalam memancing walet dan peningkatan populasi walet.

Kenyataan di lapangan hal ini sering diabaikan bahkan ada yang menggangap tidak begitu penting, sehingga dalam pembuatanya asal hadap saja tanpa memperhatikan tata ruang, hambatan dan arah terbang pulang / lintasan burung walet.

Hama Burung Walet

Kecoa, Kehadiran binatang yang satu ini sangat merugikan peternak burung walet. Kecoa doyan memakan sarang walet, sehingga sarang menjadi berlubang. Akibatnya populasi walet dalam gedung sulit berkembang. Kondisi dalam gedung yang lembab dan bau turut mendukung perkembangbiakan kecoa

Kecoa juga bisa hadir di rumah walet baru akibat pemakaian kotoran walet yang memang sudah ada hama kecoanya.

Aerator penambah kelembaban

Kelembaban rumah walet masih menjadi problem yang cukup serius dan tidak mudah diatasi, apalagi untuk daerah tropis yang bersuhu panas.

Panasnya suhu ruang membuat banyak peternak walet menambah lubang udara
/ ventilasi pada dinding rumah walet. Namun hal demikian tidak menyelesaikan
masalah bahkan terkadang menambah masalah baru.

Indonesia-China Teken MRA Bawang Putih dan Sarang Walet

MRA, (Mutual Recognition Agreement) antara Indonesia dan China bakal memuat satu komoditas yakni bawang putih dan sarang burung walet. Bawang putih sendiri memang dilepaskan dari kuota impor

"Hanya satu komoditas, dari China itu bawang putih dan dari kita itu sarang burung walet. Bawang putih ini kan memang sudah dilepas dari kuota," kata Menteri Pertanian Suswono seusai rapat koordinasi pangan, Kamis (20/6/2013), di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta.

Suara walet pada tiap tweeter

tweeter ax-65Agar suara walet yang kita pasang bisa rata volumenya di tiap-tiap tweeter yang kita pasang, ada beberapa hal penting yang harus kita perhatikan antara lain :

Makanan walet buatan(Extra Feeding)

tweeter ax-65Mungkin banyak diantara kita telah mengetahui cara membuat makanan tambahan didalam rumah walet, yang lazim kita lakukan yakni dengan menumpuk jerami kemudian membasahinya dengan air.
Jerami yang telah membusuk akan memunculkan kutu-kutu kecil yang merupakan salah satu makanan kesukaan burung walet



Get Free Paypal Account Here
Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.